VOC

VOC
eVolution Of Creaitvity

Rabu, 20 Juli 2011

Mekanisme Diklat Sispala



Berhubung ada beberapa teman atau adik adik yang ingin melaksanakan atau mengadakan diklat Siswa Pecinta Alam, maka saya akan membuat beberapa tips and trick mekanisme diklat tersebut berdasarkan pengalaman saya...
Sebagai siswa yang mencinta alam, khususnya alam sekolah atau lingkungan sekolah perlu di adakan sebuah pemberian materi mengenai pengetahuan lingkungan dan alam serta sebuah pendidikan lapangan untuk praktek dari materi tersebut sekaligus melatih mental para siswa pecinta alam/lingkungan. Untuk diklat sispala sendiri tidaklah harus seperti diklat diklat pada umumnya, tetapi diklat ini lebih ke arah pendekatan terhadap lingkungan, solusi masalah lingkungan, daur ulang sampah, pengenalan manfaat tumbuhan, pengolahan lingkungan dan sedikit pengetahuan dasar tentang survival, caving, rock climbing dan lain lain.
Sebelum kita mengadakan diklat, sebelumnya kita harus menyusun tema, konsep dan tujuan kegiatan dengan sebaik baiknya dan di bicarakan oleh formatur inti dan anggota organisasi Sispala. Setelah semua selesai maka menghadap ke pembina organisasi untuk saran dan info yang di sesuaikan dengan ide sebelumnya. Ketika pemikiran anggota organisasi dan pembina telah searah, maka dilanjutkan dengan menghadap ke Pembina OSIS atau Wakasek Kesiswaan untuk informasi lebih lanjut sebelum membuat proposal.
Ketika semua sudah beres di bicarakan maka mulailah membuat proposal kegiatan. Proposal ini berisi latar belakang kegiatan, dasar hukum kegiatan, tujuan atau manfaat kegiatan, waktu, jadwal kegiatan, rincian dana kegiatan, susunan panitia kegiatan, dan lain lain yang perlu dimasukan dalam proposal. Ada pun dana untuk kegiatan itu sendiri perlu perincian yang mantap dengan sedikit  di lebih lebihkan agar jika ada hal hal atau perlengkapan  tak terduga yang membutuhkan dana dapat di ambil dari dana yang lebih. Serta dalam perincian dana harus dilakukan oleh orang orang yang berpengalaman dalam kegiatan yang dimaksud.
Masih menyangkut proposal, yaitu tentang susunan acara kegiatan. Dalam sebuah proposal salah satu pertimbangan yang memungkinkan di setujuinya proposal oleh beberapa pihak adalah susunan acara yang bermanfaat. Jadi berhubung organisasi sispala adalah organisasi yang bergerak di bidang cinta kepada alam, lingkungan, tata letak tumbuhan dan lain lain, maka buatlah susunan acara yang sinkron dengan tujuan akhir organisasi tersebut. Sebagai contoh yang buruk, dalam susuan acara di fokuskan pada kegiatan seperti panjat tebing, caving dan survival padahal untuk kedepannya sispala adalah organisasi yang beranggotakan siswa yang masih sekolah dan terikat pada peraturan sekolah, kegiatan kegiatan seperti ini bisa di masukkan dalam susunan acara tetapi hanya sebagai pengenalan dan tidak memakan waktu yang lama dalam susunan jadwal. Jadi  kegiatan utama yang seharusnya di masukan dalam susunan jadwal adalah seperti observasi lingkungan desa atau tempat diklat, kerja kelompok mengenai permasalah yang di temukan ketika observasi dan di sertai solusinya, daur ulang sampah sekitar desa, pengenalan tumbuhan apotik hidup di lingkungan desa, pemberian materi materi lingkungan di alam terbuka, menampilkan sebuah film tentang masalah lingkungan atau bumi saat ini kepada peserta kemudian di bentuk beberapa kelompok untuk membahas solusinya, kegiatan merancang sebuah tata taman dan tempat sampah disekolah, kegiatan pemberian sebuah tempat sampah kenang kenangan bertuliskan Sispala kepada beberapa warga oleh tiap kelompok peserta dan ide ide kreatif lainnya. Setelah kegiatan kegiatan utama yang di maksud sudah di masukan dalam jadwal barulah di selipkan kedalamnya kegiatan kegiatan bersifat santai, seperti olahraga subuh, pengenalan tebing, penelusuran goa, out bond sederhana, rapeling, acara api unggun, pengenalan panitia, dan lain lain sebagai acara selingan. Adapun kegiatan kegiatan yang harus ada yaitu shalat berjamaah, makan sesuai dengan jadwal dan biasanya di masak sendiri oleh peserta, MCK, istirahat, dan kegiatan kegiatan lain yang di anggap penting. Selain itu sebuah kegiatan dalam sehari di mulai pada pukul 4.15 dan berakhir pada pukul 22.00. sekali lagi buatlah susunan kegiatan yang benar benar bermanfaat untuk peserta, bukan bermanfaat untuk panitia sebagai ajang senang senang.
Untuk kesuksesan sebuah kegiatan harus di olah oleh orang orang atau panitia yang betul betul bagus dari dalam dan luarnya. Maksudnya panitia dalam sebuah kegiatan selain memiliki kemampuan yang baik dibidangnya juga memiliki sebuah karakter yang baik yaitu karakter yang tenang tapi kerja aktif, yang memiliki pola pikir pembawa solusi bukan masalah, panitia yang memntingkan masa depan dan dampak kegiatannya, panitia yang tidak menjadikan kegiatan sebagai ajang mencari perhatian kepada peserta, panitia yang bijaksana dan bisa mendengarkan arahan, panitia yang tegas dan panitia yang disiplin pada tat tertib dan waktu. Karena biasanya walaupun hanya satu orang panitia yang kurang baik tetapi dapat merusak kegiatan secara keseluruhan. Jadi pilihlah panitia sesuai dengan kemauannya, kemampuannya, secara objektif bukan karena teman akrab dan sejenisnya, dan yang bertanggung jawab. Pikirkan lah bahwa kegiatan yang akan di adakan adalah kegiatan hanya sekali dalam satu periode, jadi pertimbangkan secara profesional. Dan dalam struktur kepanitiaan yang di utamakan adalah anggota anggota dalam organisasi sispala itu sendiri, setelah itu ambillah panitia panitia dari luar organisasi.
Adapun struktur kepanitiaan kegiatan sebagai pelindung adalah kepala sekolah, penasihat yaitu jajaran guru guru yang terlibat, penanggung jawab ketua OSIS. Sterring kegiatan yaitu ketua Sispala dan sekbidnya yang bertindak mengatur dan mengarahkan konsep kegiatan dan sejenisnya dan memberikan kepada ketua panitia. Ketua panitia terpilih yang bertindak sebagai jalur koordinasi dari koordinator bidang panitia kepada sterring yang di teruskan kepada penanngung jawab serta mengatur tata tertib, mengawasi  dan memantau perkembangan kegiatan. Sekretaris adn bendahara yang mengatur administrasi dan keuangan kegiatan. Koordinator bidang kegiatan, yaitu bidang lapangan dan keamanan, acara, konsumsi, dokumentasi, perlengkapan, transpotasi, dan lain lain. Bidang lapangan bertindak mengatur, mendampingi  dan mengawasi kegiatan kegiatan lapanga seta mengawai keamana daerah kegiatan, acara yaitu mengatur acar yang berlangsung, transportasi bertanggung jawab pada semua  transportasi  penting kegiatan, dokumentasi bertindak meliput dan mengambil gambar senua kegiatan yang berlangsung, dan yang terakhir adalah perlengkapan yang bertanggung jawab pada perlengkapan yang nantinya akan dibutuhkan pada kegiatan dan mengawasi perlengkapan perlengkapan yang di pinjam jadi panitia panitia yang berada pada posisi perlengkapan harus panitia yang bertanggung jawab, pekerja keras, dan teliti.
Selain itu, setiap panitia harus saling membantu dalam pekerjaan, maksudnya ketika ada pekerjaan yang membutuhkan tenaga banyak panitia yang tidak sedang bekerja harus saling membantu. Panitia tidak boleh menunjukan sebuah sikap tidak profesional didepan peserta, karena jika itu terjadi akan sangat fatal akibatnya.
               
Setelah semua bagian dalam proposal telah di rancang dengan sebaik mungkin sesuai saran dari beberapa pihak, maka mulailah meminta persetujuan beruapa tanda tangan dari Ketua Organisasi, ketua panitia, ketua OSIS, pembina organisasi, pembina OSIS dan yang terakhir kepala sekolah. Dan dengarkan lah baik baik saran dari pihak pihak tersebut. Ketika semua isi dalam proposal sudah di setujui berarti kegiatan sudah sukses 50% karena 30% adalah proses kegiatan dan 20% adalah manfaat dan image sesudah kegiatan.
Hal yang pertama dilakukan ketika proposal telah di setujui adalah bersyukur karena percuma bicara sana sini tentang kegiatan padahal proposal sendiri tidak di setujui. Jadi jangan terlalu banyak berbicara tentang kegiatan sebelum proposal di setujui. Setelah bersyukur, lakukan sebuah rapat perdana yang di pimpin oleh sterring dan ketua panitia tentang langkah untuk proses kegiatan selanjutnya. Panitia yang tidak hadir sebanyak tiga kali selama rapat harus di keluarkan dari kepanitiaan berhubung tidak menunjukan sikap serius apapun alasannya. Karena kegiatan yang baik dipimpin oleh ketua panitia yang disiplin dan tegas.
Beberapa langkah persiapan kegiatan setelah proposal di setujui adalah membagi tugas tugas panitia sesuai bidangnya sebaik mungkin, dan berikan batas waktu sampai persiapannya selesai. Selagi panitia bidang sedang mempersiapkan semuanya, ketua OSIS, sterring, dan formatur inti kegiatan menyebar formulir kegiatan karena kesan pertama dari penyebar formulir dapat berpengaruh pada minat peserta yang akan mengikuti kegiatan. Jadi jangan jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan mencari perhatian tetapi kegiatan untuk masa depan organisasi. Setelah formulir di sebarkan, persiapkan administrasi kegiatan seperti surat undangan ke beberapa lembaga yang nantinya akan memberikan materi ruangan seperti materi tentang sispala oleh ketua sispala,materi tentang Lingkungan hidup dan sampah oleh BLH, materi tentang kesehatan lingkungan oleh PMI atau siapa saja yang berhubungan tantang itu, dan yang terakhir materi tentang kepecinta alaman oleh lembaga pecinta alam. Selain surat ke pemateri juga buat surat untuk peminjaman perlengkapan ke Polda setempat, dinas sosial dan lain lain, surat untuk peminjaman transportasi di polda dan dinas perhubungan, surat izin kegiatan kepada polsek  dan kepala desa tempat kegiatan akan berlangsung, serta surat surat lain yang di perlukan. Administrasi adalah hal yang paling pertama harus di perhatikan, dan sering seringlah mengecek tanggapan surat yang dikirimkan ke pihak terkait.
Setelah administrasi selesai adakanlah cek lokasi ke tempat kegiatan sebelum mengantar surat izin ke tempat tersebut, cek lokasi di lakukan minimal dua kali. Cek lokasi pertama dilakukan 2 minggu sebelum kegiatan untuk melihat situasi tempat kegiatan seperti tempat ibadah, sumber air, jarak beberapa tempat dan beberapa yang penting. Cek lokasi kedua dilakuakn 1 minggu sebelum kegiatan sekaligus membawa surat izin, dan melakukan rancangan tempat kegiatan, pembersihan wilayah kegiatan dan pemasangan spanduk selamat datang kegiatan sebagai tanda akan diadakannya kegiatan di tempat tersebut dan tidak ada pihak luar akan mengambil tempat akan diadakannya diklat.

                Seminggu sebelum kegiatan adakan cek perlengkapan dan persiapan dari seluruh panitia. Hal yang paling penting seperti informasi tentang tenda peleton, kendaraan, keadaan dana dan  persiapan persiapan lainnya. Dan satu hal yang paling penting adalah tidak mensepelehkah hal hal yang di anggap mudah dan kecil karena biasanya itu yang akan menyulitkan serta tidak menunda-nunda pekerjaan. Setelah semua persiapan selesai mulailah melangkah pada kegiatan pertama yaitu diklat ruangan, diklat ruangan atau pemberian materi di ruangan sebelum berangkat ke lapangan. Diklat ruangan berupa sambutan pembukaan dari Kepala sekolah, Pembina kesiswaan, pembina sispala, ketua panitia dan ketua OSIS. Setelah itu pemberian materi tentang sejarah sispala, profil sispala, tujuan dan manfaat sispala, dan kegiatan kegiatan sispala yang di tampilkan dalam slide slide Serta materi materi lain yang berguna bagi peserta tentang lingkungan. Pada hari terakhir diklat ruangan adalah persiapan menuju diklat lapangan.
                Kegiatan yang paling lama di persiapkan adalah kegiatan lapangan, jadi kegiatan yang akan dilakukan ini harus denga serius dan berhati hati. Sehari sebelum kegiatan lapangan, beberapa panitia perlengkapan, lapangan, konsumsi dan dokumentasi berangkat duluan ke tempat diklat untuk mempersiapkan semuanya seperti tenda peleton, tenda peserta, batas batas kegiatan, listrik  dan membawa semua perlengkapan dengan ceklis yang baik ke tempat kegiatan. Panitia yang berangkat pertama memberikan informasi Setelah semua perlengkapan dan persiapan dilapangan selesai.
                Pada hari keberangkatan peserta dilakukan pelepasan oleh kepala sekolah atau yang mewakili, dan melakukan persiapan keberangkatan sebelum berangkat. Setelah peserta sampai di tempat kegiatan barulah kegiatan sesuai jadwal di mulai. Berhubung organisasi sispala adalah organisasi yang menyangkut tentang alam dan lingkungan jadi tidak ada kegiatan yang bersifat tekanan pada mental dan fisik yangb berlebihan,karena jika terjadi hal itu maka rusaklah citra dari organisasi sispala itu. Kegiatan diklat sispala berbeda dengan organisasi lainnya, sehingga itulah yang menjadi daya tarik organisasi tersebut. Kegiatan ini tidak bersifat penindasan, bentakan dan lain lain sejenisnya, jadi perlu panitia yang betul betul mengerti dan ketua panitia yang tegas dan disiplin. Perlangkuan terhadap peserta diklat harus tegas, disiplin ke arah yang membangun. Dan panitia ketika di lapangan harus sesuai dengan tugasnya dan tidak menunjukkan sifat yang tidak layak kepada peserta. Ketika di tempat kegiatan berlaku semua tata tertib untuk panitia dan peserta serta di awasi oleh penanggung jawab, sterring dan ketua panitia. Panitia dan peserta yang melanggar tata tertib patut mengdapat sanksi yang tegas. Dan satu hal yang paling penting adalah tidak merusak lingkungan di tempat diklat, tidak membuang sampah dan mengotori daerah kegiatan karena kegiatan ini di latar belakangi oleh organisasi sispala.
                Lakukan semua kegiatan dengan baik sesuai jadwal, dengan disiplin dan bijaksana. Kegiatan yang baik nantinya akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga. Dari sebuah kegiatan diklat panitia dan peserta selain mendapat ilmu tentang lingkungan juga mendapatkan latihan mental tingkat tinggi akan kedispilinan, kesabaran, saling menghargai, saling mengenal, kebersamaan dan tanggung jawa. Tinggalkan lah kesan dan pesan yang baik dari kegiatan tersebut, dan berikan tanggung jawab yang baik pula.Karena apa yang kalian lakukan hari ini sangat berpengaruh besar akan masa depan dan harga diri organisasi dan diri sendiri.
 
                Terima kasih, dan mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan menambahkan ide ide yang lebih baik untuk diklat. dan untuk informasi yang lebih banyak silahkan cari di google saja. Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar